HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Hati-Hati, Ini 5 Penyakit Tanaman yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan

Musim hujan

Musim hujan telah tiba, awal musim hujan merupakan yang tepat untuk memulai menyemai tanaman baru. Namun, hujan yang datang setiap hari membuat udara semakin lembab sehingga menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit. 

Sejumlah penyakit berpotensi menyerang pada sejumlah komoditas perkebunan saat musim hujan datang. Seperti serangan jamur dan bakteri yang muncul akibat kondisi udara yang lembab. Dilain sisi, saat musim hujan tanaman mudah terserang virus maupun bakteri yang menyebabkan tanaman mudah terkena penyakit.

Baca Juga:

Beberapa penyakit perlu untuk diwaspaspadai sebelum menghinggapi tanaman kesayangan Anda, supaya tanaman yang terkena penyakit segera bisa ditangani. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman saat musim hujan tiba yang perlu Anda waspadai.

1. Hawar api
Hawar api

Penyakit hawar api merupakan penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh bakteri Erwinia amylovora, yang membuat tanaman yang terinfeksi bakteri ini tampak hangus atau gosong. Biasanya hawar api menyerang pohon seperti apel dan buah pir.

2. Bakteri dan jamur patogen
Daun terinfeksi bakteri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman akan mudah terserang jamur dan bakteri akibat kelembaban udara. Penyakit ini sering menginfeksi karena kelembaban udara jangka panjang pada dedaunan dan akar tanaman.

Pada umumnya tanaman yang terinfeksi akan muncul bintik-bintik pada daun, serta bisa membuat busuk pada daun, batang, maupun buah, hingga layu. Bahkan tanaman bisa mati akibat bakteri dan jamur patogen.

Penyebabnya karena hujan ekstrem yang membuat tanaman mengalami kesusahan dalam penyerbukan sehingga berpegaruh saat tanaman mulai mekar dan berbuah.

3. Jamur antraknosa
Penyakit antraknosa pada cabai

Antraknosa merupakan jamur yang menginfeksi pohon gugur dan pohon yang subur saat musim hujan. Jamur ini menyerang batang pohon dan bisa menyebar hingga ke atas pohon.

Gejala yang ditimbulkan akibat terserang jamur antraknosa yakni muncul lesi warna gelap pada tanaman terutama di batang, daun, bunga, daun buah pohon. Pohon yang terinfeksi jamur antraknosa akan mengalami keguguran pada daun muda.

Untuk mengatasi tanaman yang terinfeksi jamur ini, Anda bisa menyemprotkan fungisida atau bisa juga memangkas beberapa daun saat musim dingin atau musim hujan. Tujuannya agar aliran udara meningkat dan bagian tanaman yang terinfeksi dapat segera dipangkas.

4. Embun tepung
Embun tepung

Penyakit jamur tepung penyakit umum tanaman yang muncul karena hujan yang berlebihan. Saat tanaman terserang jamur tepung tanaman akan tumbuh tepung putih pada daun muda ataupun daun tua. 

Sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah, tanaman yang terkena jamur tepung bisa diatasi dengan memberi sinar matahari yang cukup, namun jika dirasa belum hilang Anda bisa menyemprotkan fungisida sintetis atanu campuran minyak nimba, belerang bikarbonat, dan fungisida organik.

5. Jamur keropeng apel
Jamur keropeng apel

Tanaman yang terserang daun melengkung dan hitam. Saat musim hujan, tanaman yang terkena jamur keropeng apel akan muncul daun semak mawar.

Cara mencegah

Pada dasarnya, saat musim hujan tiba tanaman akan mudah terkena bakteri atau jamur. Penyakit pada tanaman akan lebih mudah menyebar dari satu tanaman ke tanaman saat daun dalam kondisi basah. Oleh sebab itu, hindarilah pemangkasan atau pemanenan hingga dedaunan mengering.

Pangkas bagian tanaman untuk meningkatkan aerasi dan menambah waktu kering sesudah hujan lebat atau pagi yang lembab. Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki drainase tanah dan tanam di gundukan tanah yang sudah ditinggikan.

Jika tanaman sudah terinfeksi, lakukan penanganan sesegera munkin dengan cara memangkas dan buang untuk mencegah penyebaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-Hati, Ini 5 Penyakit Tanaman yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

LANGGANAN