HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Banyak yang Belum Tau, Ini Sejumlah Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Cangkang Telur

Telur menjadi salah satu bahan pembuatan makanan kuliner yang paling banyak digunakan. Selain mudah didapat, telur juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Penggunaan telur yang melimpah membuat ketersediaan limbah cangkang telur sangat melimpah. Kebanyakan orang akan membuang cangkang telur begitu saja dengan anggapan cangkang telur tidak memiliki manfaat apapun.

Baca Juga:

Padahal cangkang telur mempunyai banyak manfaat baik untuk tanah dan tanaman. Penelitian menunjukkan bahwa cangkang telur mengandung 98,2% kalsium karbonat, 0,9 magnesium, serta 0,9% fosfor. Sedangkan membran cangkang terdiri dari 69,2% protein, 2,7% lemak, 1,5% air, dan 27,2% abu. Jika dilihat dari beberapa kandungan tersebut, cangkang telur bisa bermanfaat untuk dijadikan pupuk tanaman ataupun untuk menetralkan tanah asam.

1. Pupuk Tanaman

Cangkang telur yang sudah dihancurkan bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Kandungan kalsium yang cukup tinggi dari cangkang telur bermanfaat untuk mencegah tanaman dari tumbuh kerdil, bunga mudah gugur, gagal berbuah, serta mencegah tanaman dari terserang hama lalat buah. Selain itu, kandungan kalsium pada cangkang telur bermanfaat bagi beberapa tanaman seperti cabai, tomat, dan terong untuk mencegah terjadinya pembusukan pada ujung bunga.

2. Menetralkan Tanah

Tanah dengan pH yang asam bisa mempengaruhi ketersediaan unsur hara dalam tanah serta mengganggu aktivitas mikroorganisme dalam tanah. Banyak orang menggunakan kapur dolomit untuk menetralkan pH tanah karena mengandung unsur kalsium. Cangkang telur bisa digunakan sebagai alternatif pengganti kapur dolomit untuk menetralkan tanah. Namun, untuk penggunaan lahan yang luas Anda harus menggunakan setidaknya 2 ton/ha cangkang telur. Penggunaan cangkang telur lebih efektif digunakan pada lahan kecil saja.

3. Mengendalikan Hama

Pecahan cangkang telur bisa dimanfaatkan untuk mengusir hama-hama tertentu, seperti siput dan juga cacing. Hama-hama tersebut membuat kerusakan pada bagian tanaman, untuk mencegahnya Anda bisa menggunakan pecahan cangkang telur kasar yang ditaburkan di sekeliling tanaman membuat hama seperti siput dan cacing enggan untuk mendatangi tanaman.

4. Wadah Semai
Cangkang Telur

Cangkang telur bisa dipakai sebagai tempat semai bibit, baik untuk tanaman sayur ataupun bunga. Caranya yakni dengan membolongi bagian atas cangkang, lalu tambah tempat tanam, setelah itu, basahi serta semai atau tanam benih seperti biasanya. Pada saat bibit sudah siap berpindah tanam, Anda cukup remas dan hancurkan tempat cangkang telur serta tanam bersama-sama dengan semaian ke dalam tempat tanam.

5. Dijadikan Kompos

Cangkang telur yang sudah kering sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai campuran kompos. Anda bisa menambahkan pecahan cangkang telur ke kompos cacing untuk menjaga kadar pH dalam tanah.

6. Memperbaiki Kelonggaran Tanah

Pada kondisi tanah yang berat, akar tanaman akan mengalami kekurangan oksigen dan genangan air yang menyebabkan kerusakan pada akar tanaman. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan cangkang telur untuk membantu melonggarkan tanah, serta mencegah pembentukan kerak keras di permukaan. Hasilnya, pupuk cangkan telur meningkatkan aerasi akar, serta membuat tanah bisa menyerap air secara merata dan membuang kelebihan air yang tergenang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak yang Belum Tau, Ini Sejumlah Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman"

Posting Komentar