HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Sukses Budidaya Semangka, Hasilkan Panen Buah Lebih Manis

Tips Sukses Budidaya Semangka

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Tanaman semangka terhitung keluarga dari Cucurbitaceae adalah tanaman menjalar dengan buah yang umumnya berupa bundar atau lonjong. 

Buah semangka mempunyai kulit tebal serta daging buah umumnya memiliki warna merah atau kuning. Buah semangka biasanya mempunyai biji, tetapi sekarang ini banyak dibuat benih yang hasilkan buah semangka tiada biji (Non Biji). Semangka berbiji bisa dipanen untuk umur 55 – 60 hari sesudah berpindah tanam.

Ketentuan Tumbuh Semangka Berbiji

Tanaman semangka pas dibudidayakan untuk tanah gembur berpasir serta beriklim hangat, dengan temperatur di antara 20 – 30 derajat celcius. Cahaya matahari diperlukan full atau minimum 7 jam/hari. Temperatur perkecambahan untuk semangka berbiji 25 – 30 derajat celcius. Temperatur perkembangan 20 – 25 derajat celcius, serta untuk pembungaan serta penyerbukan dibutuhkan temperatur di antara 25 – 30 derajat celcius. pH bagus untuk tanaman semangka ialah 6 – 7.

Penyiapan Tempat Budidaya Semangka Berbiji

Kerjakan pemrosesan tanah dengan bajak atau mencangkul untuk penggemburan. Buat bedengan ganda dengan parit kecil ditengah-tengah, lebar 70 – 80 cm dengan tinggi disamakan keadaan tempat. Untuk tempat agak miring bedengan tak perlu tinggi, sedang untuk tempat datar buat bedengan dengan tinggi minimum 30 cm (upayakan agar tidak digenangi air waktu musim penghujan). Jarak antar bedengan 3 – 4 mtr.. Metode bedengan ganda mempermudah dalam perawatan serta penyiraman dengan metode leb.

a. Pemberian Pupuk Landasan Semangka Berbiji

  • Taburi pupuk dolomit bila pH tanah di bawah 6. Diamkan sepanjang 7 – 10 hari
  • Taburi pupuk kandang sekitar 1 – 1,5 kg/tanaman
  • Taburi pupuk TSP/SP36 : KCl : ZA sekitar 100 gram/tanaman (perbedaan 2 : 1 : 1)
  • Aduk sampai pupuk tercampur rata dengan tanah, diamkan tersiram air hujan atau disiram sampai basah.
  • Pemberian pupuk landasan dikerjakan 10 – 15 hari saat sebelum tanam.

b). Penempatan Mulsa

  • Mulsa terpasang sesudah selekasnya sesudah bedengan tersiram hujan atau disiram.
  • Buat lubang tanam dalam jarak 80 – 90 cm ditengah-tengah bedengan

Langkah Semai Benih Semangka

Benih dicelup sama air hangat kuku + zpt atau air bawang merah sepanjang 3 – 5 jam (untuk percepat perkecambahan). Selanjutnya keringkan serta dicambahkan dengan dibuntel kain basah atau kertas koran. Benih umumnya akan berkecambah sesudah setelah 2 -3 hari. Selanjutnya benih disemai untuk medium polybag kecil. Bibit siap ditanamkan sesudah umur 7 – 10 hari.

Langkah Menanam Bibit Semangka

Bibit semangka ditanamkan sesudah umur 7 – 10 hari atau sesudah tumbuh 2 -3 daun. Penanaman seharusnya dikerjakan di sore hari. Saat sebelum tanam keadaankan lubang tanam pada kondisi basah, disiram bila tidak turun hujan awalnya. Sesudah usai menanam siram sama air seperlunya. Tutup dengan tanah disekeling lubang tanam supaya bibit tidak layu waktu siang hari serta meminimalkan masalah jangkrik.

Langkah Perawatan serta Perawatan Tanaman Semangka

a). Penyiraman : Penyiraman dikerjakan tiap tiga hari sekali atau disamakan dengan keadaan

b). Mengendalikan status ranting : Mengatur tangkai penting serta ranting untuk segi bedengan agar rapi serta gampang dalam perawatan

c). Pemupukan Susulan : Pemupukan susulan pertama dikerjakan untuk umur 10 HST dengan dikocor NPK 16-16-16 dengan jumlah 5 gr NPK/300 mililiter air/tanaman. Pemupukan seterusnya dikerjakan tiap 4 -5 hari sekali dengan tambahan jumlah secara periodik.

BACA JUGA:

Mengulas 5 Manfaat dan Fungsi Paranet Untuk Tanaman

Panduan Lengkap Stek Batang Tanaman Hias Pucuk Merah

Pembuatan Greenhouse dari Kombinasi Paranet dengan Bambu

d). Penyiangan : Penyiangan dikerjakan bila tumbuh gulma yang bisa mengusik perkembangan tanaman.

e). Perempelan Buah : Buah yang tidak normal serta buah untuk daun pertama sampai daun ke 13 dibuang. Buah yang dipiara ialah buah untuk daun ke 14 keatas. Untuk hasilkan buah yang optimal, sisakan 2 – 3 biji saja perpohon.

Hama serta Penyakit Tanaman Semangka

a). Hama tanaman semangka

  • Penggerek Daun : Penggerek daun mengonsumsi serta menghancurkan daun, khususnya untuk tanaman muda. Penjagaan bisa dikerjakan dengan penyemprotan insektisida.
  • Kutu Daun (Aphids) : Mengisap cairan untuk daun muda serta mengakibatkan keriting daun. Pengendalian bisa dikerjakan penyemprotan insektisida memiliki bahan aktif abamektin.
  • Thrips : Hama trhips menyerbu daun muda serta mengakibatkan keriting daun. Bisa ditangani dengan penyemprotan insektisida memiliki bahan aktif abamektin.
  • Lalat Buah : Lalat buah menyerbu buah muda serta mengakibatkan buah busuk serta rontok. Penjagaan bisa dikerjakan dengan jebakan lalat buah atau penyemprotan insektisida yang bau tajam.
  • Ulat Grayak : Ulat grayak menghancurkan serta mengonsumsi daun, menghancurkan akan buah. Bisa dikontrol dengan penyemprotan insektisida.
  • Ulat Tanah : Ulat tanah aktif saat malam hari, menghancurkan tunas muda serta tanaman muda. Bisa dikontrol dengan penyemprotan insektisida.

b). Penyakit tanaman semangka

  • Rebah Semai : Penyakit rebah semai atau dumping-off berasal dari cendawan, bisa dihindari dengan penyemprotan fungisida.
  • Layu Fusarium : Tanaman yang diserang terlihat fresh saat pagi hari, layu di siang hari serta kembali lagi fresh di sore hari. Selanjutnya mati. Bisa dihindari dengan tindakan trichoderma, PGPR serta penyemprotan fungisida.
  • Bintik Daun / Antraknosa : Diikuti adanya bintik-bintik hitam kecoklat-coklatan berupa bundar serta menebar sampai daun jadi kering. Dikontrol dengan penyemprotan fungisida.
  • Busuk Buah : Busuk buah berasal dari baktri, cendawan serta lalat buah. Bisa dikontrol dengan penyemprotan bakterisida serta fungisida.

Usia Panen serta Langkah Panen Semangka

Buah semangka berbiji bisa dipanen untuk umur 55 – 60 HST. Buah yang masak bisa disaksikan dengan beberapa ciri warna kulit buah menghilang serta sulur yang ada dipangkal batang buah jadi kering. Pemanenan seharusnya dikerjakan sesudah embun kering (jam 9) serta cuaca ceria (tidak turun hujan) supaya kulit buah tidak basah serta gampang busuk. Buah semangka diambil berserta batang buahnya, agar tersimpan dalam saat yang semakin lama.

Untuk budidaya didataran rendah buah semangka bisa dipanen untuk umur 55 – 60 HST. Sedang untuk daratan tinggi buah semangka dipanen untuk umur 65 – 70 HST.

Selesai sudah artikel untuk hari ini, jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sukses Budidaya Semangka, Hasilkan Panen Buah Lebih Manis"

Posting Komentar