HUBUNGI KAMI

PABRIK & DISTRIBUTOR MULSA PLASTIK

Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur



Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

7 Keunggulan Buah Kelengkeng Matalada yang Harus Kamu Tau!

Kelengkeng merupakan salah satu jenis buah yang sangat digemari oleh banyak orang, sebab memang rasanya yang manis dan nikmat. Bahkan buah ini juga sering disebut-sebut sebagai saudaranya buah leci, sebab memang tampilan buah, bentuk, rasa, dan ukurannya memiliki kemiripan dengan buah leci. Adapun satu-satunya perbedaan yang mencolok yaitu pada warna kulit dan tekstur kulitnya saja. Dan Bukan hanya itu, buah kelengkeng juga kaya akan vitamin C yang baik untuk menambah sitem imun pada tubuh.

Terdapat buah kelengkeng unggulan, salah satunya yaitu kelengkeng matalada. Untuk varietas kelengkeng matalada ini adalah salah satu jenis kelengkeng unggulan yang cocok di iklim dan cuaca Indonesia. Sebutan matalada ini dikarenakan biji kelengkeng ini cenderung kecil, seukuran dengan lada. Dapat dipastikan, jika bijinya kecil, maka daging buahnya tebal, jadi kita bisa puas menikmati kemanisan buah kelengkeng yang padat dan tak terlalu berair ini.

Tak hanya itu, untuk tampilannya pun cukup unik serta berbeda dengan kebanyakan buah kelengkeng. Kulit pada kelengkeng matalada ini berwarna putih, jadi secara sepintas mirip seperti buah duku. Dan apa saja sih, keunggulan kelengkeng matalada? Nah, berikut ini beberapa keunggulan kelengkeng matalada yang harus Anda tau.

Baca Juga:

1. Tampilan Warna Kulit Unik dan Rasa Super Manis

Adapun keunggulan yang pertama dari kelengkeng matalada yakni tampilan kulit luar yang cenderung unik serta rasa buahnya yang super manis. Karena kelengkeng matalada mempunyai kulit dengan teksture lebih halus dan berwarna putih, bisa juga berwarna cokelat seperti halnya buah kelengkeng pada umumnya. Dari kulit yang berwarna putih inilah sekilas kelengkeng matalada terlihat seperti buah duku, sebab ukuran buah dan bentuk buahnya nyaris sama.

Untuk rasa buah kelengkeng matalada ini juga super manis. Jika pada umumnya yang Anda temukan dipasaran mempunyai rasa manis dengan skala rata-rata 18 brix, rasa manis pada kelengkeng matalada mencapai skala kisaran 20 brix.

2. Biji Kecil

Ciri khas dari kelengkeng matalada ini yaitu bentuk dari bijinya yang cukup kecil. Sesuai dengan namanya, nama matalada diambil karena biji buah kelengkeng jenis ini kecil seperti mata yang berukuran sekecil lada.

3. Ukuran Buah Cenderung Lebih Besar

Selain memiliki biji yang kecil buah kelengkeng matalada juga ukuran buah yang cenderung lebih besar dari pada ukuran buah kelengkeng pada umumnya. Ukuran buah kelengkeng matalada memiliki diameter sampai 3cm, dengan rata-rata 2cm – 2,5cm. Memang ukurannya cukup besar karena buah kelengkeng pada umumnya mempunyai rata-rata diameter sekitar 1,5cm - 2cm saja.

4. Daging Tebal dan Padat

Selanjutnya, kelengkeng matalada ini memiliki daging buah yang tebal dan padat. Itulah salah satu keistimewaan kelengkeng matalada, buahnya cenderung padat jadi tidak terlalu berair seperti buah kelengkeng pada umumnya.

5. Kulit Buah Tebal

Walaupun buah kelengkeng matalada mempunyai daging buah yang cukup tebal, tetapi buah ini juga mempunyai kulit buah yang tebal. Karena memiliki kulit buah yang tebal, hal ini mampu melindungi buah supaya tak cepat membusuk serta menjaga keawetan buah supaya tetap segar. Jika idealnya kulit buah kelengkeng akan mudah mengkerut sesudah 3-4 hari pasca dipetik, serta rasanya akan berubah masam. Namun dengan kulit buahnya yang tebal, membuat kelengkeng matalada efektif menjaga kesegaran buah lebih lama.

6. Cocok Dibudidayakan di Iklim Indonesia

Mungkin sebagian besar buah kelengkeng akan hidup optimal di iklim indonesia bagian dataran tinggi, dengan elevansi rata-rata 500 mdpl, kelengkeng matalada adalah salah satu jenis kelengkeng yang bisa hidup dengan sangat baik justru di dataran rendah. Karena sifatnya yang adaptif, membuat jenis kelengkeng ini bisa tumbuh pada daerah dengan ketinggian 5-700 mdpl. Serta pertumbuhannya akan lebih optimal bila ditanam atau dibudidayakan dengan elevensi 10–400 mdpl.

Hal ini yang membuat kelengkeng matalada sangat cocok ditanam dan dibudidayakan di Indonesia sebab buah ini termasuk jenis tanaman buah yang suka terhadap sinar matahari. Kebutuhan suhu yang sesuai untuk kelenngkeng matalada berbunga dan berbuah itu sekitar 300°C – 350°C. Dengan intensitas curah hujan yang diperlukan oleh tanaman buah kelengkeng matalada juga cenderung dipenuhi di sini, yakni sekitar 1.500 mm per tahun.

7. Dapat Ditanam dan Dibudidayakan di Dalam Pot

Tak hanya bisa tumbuh di dataran rendah, kelengkeng matalada juga bisa dan mudah dibudidayakan di dalam pot atau tabulampot. Tak semua jenis tanaman buah bisa ditanam di dalam pot, dengan sifat adaptif inilah membuat kelengkeng matalada bisa Anda budidayakan meski dengan keterbatasan lahan tanam.

Bila Anda tertarik membudidayakan kelengkeng matalada, Anda harus perhatikan dalam memilih bibit yang unggul dan berkualitas agar menghasilkan buah yang bagus serta melimpah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Keunggulan Buah Kelengkeng Matalada yang Harus Kamu Tau!"

Posting Komentar