HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Yuk gunakan cara Tanam ini, Jika Mau Nanas Berbuah Besar!

 

Baca Juga:




Langka Langka Budidaya Buah Nanas :

1. Pengolahan tanah.

Pengolahan lahan tanah dimulai dari pembersihan lahan sampai dengan pembuatan bedengan tanah. Lahan dibersihkan dari tanaman liar serta batu-batuan, kemudian lahan tanah dicangkul atau kamu bisa membajak     dengan menggunakan traktor sedalam 35 - 40 cm hingga tanah gembur, setelahnya biarkan tanah menjadi kering minimal 15 hari supaya tanah lebih siap matang dan siap untuk ditanami.

Tingkat keasaman tanah yang harus sesuai yakni 4,5 - 6,5. Untuk mendapat derajat keasaman yang optimal perlu dilakukan pengapuran pada tanah menggunakan Calcit maupun Dolomit atau bahan kapur lainnya dengan cara yakni ditaburkan merata serta dicampurkan dengan lapisan tanah bagian atas. Dosis kapur harus disesuaikan dengan pH tanah, umumnya berkisar antara 1 – 4 ton/ha.

Pemupukan dasar yang digunakan yakni pupuk kandang dengan dosis takaran kurang lebih 10 ton/ha. Pupuk kandang lalu disebar merata pada tanah pada saat pembuatan bedeng tanah. Bedengan dibuat dengan ukuran lebar kisaran 80 – 120 cm, jarak antar bedengannya yakni 90 - 150 cm serta tinggi bedengan antara 30 – 40 cm. Gunakan mulsa guna menekan pertumbuhan rumput liar serta menjaga unsur hara.

Ingin mencoba menananm? tapi tidak punya peralatan pertanian, kamu bisa klik Disini!

2. Pembibitan.

Kesuksesan penanaman nanas sangat ditentukan oleh kualitas dari bibitnya. Nanas madu paling mudah dikembangkan dengan cara vegetatif buatan, contohnya dengan mahkota buah serta stek batang. Kaualitas bibit yang baik berasal dari tanaman indukan yang pertumbuhannya normal, sehat serta terhindar dari hama penyakit.

Bibit yang baik harus mempunyai helai daun-daun yang nampak tebal-tebal berisi, terhindar dari hama penyakit, pertumbuhan bibit relatif seragam serta mudah dalam pengangkutan terutama untuk stek batang bibit. Bibit nanas yang di ambil dari bagian mahkota nanas sebaiknnya di diamkan selama 2 - 3 hari terlebih dahulu sebelum hendak di tanam, hal ini berfungsi supaya bekas potongan bisa tertutup dengan mulus sehingga perakaran akan semakin lebih cepat.


3. Penanaman bibit.

Bibit yang telah kita peroleh selanjutnya bisa di tanam ke lahan yang sudah kita siapkan sebelumya. Terdapat beberapa macam teknik penanaman, tetapi yang paling sering digunakan dan dipakai para petani yakni dengan sistem baris rangkap dua dalam satu bedeng dengan jarak antar tanaman lain 40 x 60 cm, serta jarak antar bedengan ialah 49 cm. Kebutuhan bibit dalam satu hektar harus mencapai 60.000 bibit nanas. Di bawah ini tahap langkah-langkah penanamannya :

  1. Membuat celah antar tanam harus disesuai dengan jarak dan sistem tanam yang kamu pilih.
  2. Menanam bibit nanas pada celah tanam harus satu bibit di tiap masing-masing celah tanam.
  3. Tekan tanah kurang lebih pangkal batang bibit nanas supaya tak mudah ambruk terkena angin dan akar tanaman bisa kontak langsung dengan tanah.
  4. lakukan penyiraman hingga tanah menjadi lembab dan basah.
  5. Penanaman bibit nanas jangan terlalu dalam, cukup 3 - 5 cm dari bagian pangkal batang yang tertimbun tanah supaya bibit tidak mudah busuk.


4. Perawatan.

Kegiatan yang dilakukan dalam merawat tanaman nanas madu meliputi :

  • Penyulaman.

    Penyulaman dilakukan terhadap bibit nanas yang tidak tumbuh ataupun mati. Bibit yang mati dapat kita ganti dengan bibit nanas baru. Sehingga perlu adanya stok bibit nanas cadangan.

  • Penyiangan.

    Penyiangan diperlukan untuk membersihkan kebun nanas dari rumput liar maupun gulma. Serta dapat memperlancar unsur hara dan pancaran sinar matahari yang di terimah. Rumput liar juga sangat perpotensi menjadi sarang dari penyakit. Waktu penyiangan tergantung dari pertumbuhan rumput liar maupun gulma di kebun, tetapi untuk menghemat anggaran penyiangan dapat diperbuat bersamaan dengan melakukan pemupukan. Cara penyiangan dapat kamu lakukan dengan cara mencabut rumput dengan tangan, kored, maupun cangkul. Tanah digemburkan serta ditimbunkan pada pangkal bagian batang nanas hingga menjadi bentuk gulungan.

  • Pembumbunan.

    Pembubunan diperlukan dalam proses penanaman nanas. Biasanya dilakukan pada tepian bedengan yang kemungkinan terjadi longsor ketika diairi air. Pembubunan sebaiknya mengambil tanah dari bagian selokan ataupun parit di sekeliling bedengan, supaya bedengan kamu menjadi lebih tinggi serta drainase parit menjadi normal kembali. Pembubunan berguna untuk membenahi struktur tanah serta akar yang keluar di lajur permukaan tanah.

  • Pemupukan.

    Pemupukan dapat dilakukan pada tanaman yang sudah berumur sekitar 2 – 3 bulan. Lalu dapat di ulang setiap 4 bulan sekali. Pemupukan memakai jenis pupuk NPK dengan dosis kurang lebih 300 kg per hektarnya. Cara pemberian pupuk dengan dibenamkan atau dimasukkan ke dalam lubang sedalam 11 – 15 cm diantara barisan tanaman bibit nanas, lalu kamu bisa menutupnya dengan tanah.

  • Penyiraman.

    Penyiraman dapat dilakukan 1 - 2 kali dalam  1 minggu ataupun tergantung kondisi cuaca daerah kamu. Tanaman nanas madu siap panen juga masih butuh penyiraman untuk merangsang pembungaan serta fertilisasi dapat secara optimal. Tanah yang terlalu kering dapat menyebabkan pertumbuhan nanas menjadi kerdil dan buahnya berukuran kecil-kecil. Waktu penyiraman yang terbaik ialah ketika sore dan pagi harinya.


5. Pemanenan.

Panen buah nanas madu dilakukan setelah bibit nanas berusia sekitar 18 – 25 bulan, tergantung dari varietas bibit yang dipakai. Bibit yang berasal dari cara mahkota bunga dipanen pada kisaran umur 24 bulan sementara yang berasal dari cara tunas batang dipanen kisaran umur 18 bulan. Ketika memanennya perlu melakukan teknik memetik buah nanas dengan memotong bagian pangkal tangkai buah secara mendatar maupun miring dengan menggunakan pisau tajam dan steril. Lakukan pemanenan dengan berhati-hati supaya tak rusak atau memar pada pohonnya.


Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk gunakan cara Tanam ini, Jika Mau Nanas Berbuah Besar!"

Posting Komentar

LANGGANAN