HUBUNGI KAMI

Pabrik & Distributor Mulsa Plastik
Mulsa, Plastik Mulsa, Jual Mulsa, Mulsa Plastik, Plastik Hitam Perak, Harga Mulsa Plastik, Jual Mulsa Plastik Hitam Perak, Plastik Mulsa Murah, Pabrik Plastik Mulsa, Distributor Plastik Mulsa, Mulsa Plastik Pertanian, Mulsa Plastik Murah, Mulsa Plastik Hitam Perak, MPHP, Mulsa Plastik Tambak, Mulsa Olastik Untuk Kolam Ikan, Mulsa Plastik Cap Kuda, Plastik Mulsa Cap Tembakau, Mulsa Cap Tanimur

Hubungi Kami
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Berbagai Nutrisi di Balik Manfaat Bawang Bombay

Berbagai Nutrisi & Manfaat bawang Bombay

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan.

Bawang biasa digunakan untuk memasak. Selain sebagai penambah rasa, manfaat bawang merah untuk kesehatan juga banyak. Tumbuhan ini mengandung banyak nutrisi dan zat yang diduga dapat mempengaruhi kesehatan. Tak heran bawang merah sering dijadikan obat.

Jika dibandingkan dengan bawang putih yang terkenal akan khasiatnya, belum banyak orang yang mengetahui khasiat bawang merah. Bawang merupakan tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Selain aromanya yang enak, bawang merah juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Nutrisi Bawang Bombay

Bawang adalah bahan makanan rendah kalori yang kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Bawang merah mengandung sedikit lemak jenuh dan sama sekali tidak mengandung lemak trans.

Dalam 100 gram bawang bombay mengandung kurang lebih 40 kalori, 1,7 gram serat, 4,2 gram gula pasir, 1,1 gram protein, dan 9,3 gram karbohidrat. Selain itu, bawang merah juga mengandung vitamin B6, vitamin C, folat, dan kalium.

Zat yang terkandung di dalamnya sangat menentukan manfaat bawang merah bagi tubuh. Beberapa klaim manfaat bawang merah adalah dapat menurunkan risiko kanker perut, kanker usus besar, kanker prostat, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Berikut Manfaat dari bawang Bombay:

  • Bawang dianggap efektif untuk menghilangkan bekas luka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel yang mengandung ekstrak bawang merah selama setidaknya 10 minggu memperbaiki tampilan bekas luka setelah operasi.
  • Penderita diabetes bisa menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsi 100 gram bawang merah setiap hari. Namun hal tersebut belum cukup terbukti karena masih kurangnya penelitian klinis untuk membuktikan teori ini.
  • Ekstrak bawang merah dan minyak esensial dipercaya dapat menekan pertumbuhan bakteri.
  • Menurut penelitian, konsumsi bawang merah diduga dapat meningkatkan kepadatan tulang.
  • Mengonsumsi bawang bombay juga diklaim dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, usus besar, dan prostat. Ini karena antioksidan dalam bawang merah berperan sebagai anti inflamasi dan dapat menurunkan risiko kanker tertentu.

Meski demikian, berbagai manfaat bawang merah masih memerlukan penelitian dan bukti lebih lanjut.

Aturan Mengkonsumsi Bombay

Meski bermanfaat dan bahan alami, setiap orang memiliki batasan maksimal konsumsi bawang merah. Meski saat ini belum ada penelitian untuk menetapkan kadar batas aman tersebut, ada baiknya bawang merah tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama pada kelompok berikut:

  • Wanita hamil dan menyusui karena tidak ada bukti penelitian yang cukup tentang efek mengkonsumsi bawang merah dalam jumlah besar.
  • Pada penderita gangguan pembekuan darah dan penderita yang akan menjalani pembedahan, karena bawang merah dapat memperlambat proses pembekuan darah. Hentikan konsumsi bawang merah sebagai obat dua minggu sebelum menjalani operasi.
  • Khusus bagi penderita diabetes, bawang merah dapat menurunkan kadar gula. Penderita diabetes yang mengonsumsi obat diabetes dan ingin menggunakan bawang bombai sebagai pengobatan alternatif harus memeriksa kadar gula mereka dengan cermat.
  • Pada orang yang alergi bawang, konsumsi aspirin dapat meningkatkan kepekaannya terhadap ramuan ini.

Untuk mendapatkan khasiat bawang merah banyak cara mengolahnya sebelum dikonsumsi. Bawang bisa dipanggang, direbus, digoreng, ditumis, atau dimakan mentah dalam campuran salad. Namun perlu diingat, makan terlalu banyak bawang bombay bisa menyebabkan perut kembung atau bahkan diare. Jika gejala atau masalah muncul akibat terlalu banyak mengonsumsi bawang merah, disarankan segera berkonsultasi ke dokter.

Yup, sampai juga kita di ujung pembahasan untuk artikel ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Sekian dan Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Nutrisi di Balik Manfaat Bawang Bombay"

Posting Komentar